Sejarah Lengkap Dota 2 Dari Awal Hingga Sekarang

Dota 2

Dota 2 sebuah permainan multiplayer online battle arena yang masih menjadi game esport terbesar di dunia. Permainan yang harus dimainkan oleh 2 tim dengan 5 orang untuk setiap timnya ini resmi rilis pada tanggal 9 Juli 2013 silam.

Game PC atau komputer tersebut kini berkembang pesat hingga membentuk sudatu komunitas tersendiri dan telah menajadi bagian hidup banyak orang. Banyak tim berlomba-lomba untuk menjadi nomor satu diantara yang lain.

Tujuannya tak lain adalah untuk mengejar hadiah, apalagi kini banyak bermunculan turnamen-turnamen dota dengan hadiah yang besar. Salah satunya adalah The International, sebuah turnamen besar dengan hadiah mencapai US$20,7 atau setara dengan 267 miliar rupiah.

Keberhasilan game PC legendaris ini nyatanya tidak didapat sekejap mata. Jauh sebelum Defense of the Ancient 2 menjadi idola gamers dunia, permainan ini ternyata memiliki sejarah panjang. Untuk mengungkap semua perjuangan dan perkembangan game ini, berikut sejarah lengkapnya untuk Anda.

Sejarah Defense of the Ancient 2 bermula dari Modder Eul

Sejarah munculnya Defense of the Ancient 2 atau yang disingkat dota 2 tak lepas dari game pc kuno buatan Blizzard yaitu Starcraft: Brood War yang liris sejak tahun 1998. Beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 2002, Aeon64 (modder) merancang game map inovasinya sendiri dan menamainya dengan Aeon of Strife (AoS).

Perbedaan mendasar antara Starcraft dengan AoS adalah control pemain. Pada starcraft seorang pemain diharuskan untuk mengontrol banyak hero, sedangkan AoS seorang pemain hanya berfokus pada satu hero. Teknik ini dirasa cukup brilian, pasalnya setiap pemain akan lebih fokus pada kemampuannya.

Baca juga: Dapakan Skin Gratis Dari Free Fire Game Online

Seperti tak mau kalah, Blizzard kembali merilis game terbarunya bernama Warcraft III: Reign of Chaos yang dilengkap dengan fitur World Editor. Bahkan ada beberapa konsep AoS yang di adobsi Warcraft III seperti custom map.

Ada ribuan custom map Warcraft III namun hanya ada satu desain yang paling populer diantara yang lainnya yaitu sebuah map rancangan modder berinisial Eul. Eul bahkan membuat game sekuelnya sendiri yang diberi nama Dota 2 : Thrist of Gamma. 

Perbedaan mendasar dari game ini selain custom map yang apik adalah hero (karakter) yang bisa memakai atribut atau item untuk memperkuat diri dan menambah skill. Sayang permainan ini dianggap gagal karena terlalu banyak bug dan belum stabil.

Meski begitu Eul berhasil menantang modder lain untuk berkarya (sebelum akhirnya Eul menghilang). Hingga lahirlah Dota Allstars Beta setelah source code Eul diubah dalam bentuk open source berkat karangan dari Meian dan Ragn0r.

Pengembangan Dota Allstar selanjutnya dipegang penuh oleh modder lain bernama Guinsoo. Dalam tangannya dia berhasil merilis versi 3.xx hingga 4.xx. Guinsoo bersama dengan Steve Pendragon Mescon kemudian merilis website DotA-Allstars.com dan Clan TDA atau team DotA Allstars.

Kepergian Guinsoo dan Rilis Resmi

Permainan ini terus populer dengan jumlah pemain yang terus meningkat tiap harinya. Hingga Guinsoo merekrut dua patner baru untuk mengembangkan dota menjadi lebih baik lagi. Kedua orang itu bernama Icefrog dan Neichus. Mereka berempat berhasil merilis map baru hingga versi 5.84c v2.

Baca juga: Jenis Item Mobile Legends Pada Equipment Roam Setelah Update

Sayang Guinsoo memutuskan untuk berhenti mengembangkan dota dan menyerahkan managemen sepenuhnya kepada Icefrog yang kemudian berhasil merilis versi 6.xx. Tak lama kemudian Velve tertarik untuk bekerja sama dengan Icefrog untuk mengembangkan Dota lebih baik lagi.

Ramalam Velve terbukti benar, hingga untuk pertama kalinya Defense of the Ancient 2 resmi rilis pada tahun 2013. Mengusung permainan multiplayer dengan perbaduan antara game real time strategy, action game, dan role playing game membuat dota unik dan menarik.

Dota kini menjadi game PC paling populer dengan jumlah pemain online terbanyak setiap harinya. Tak hanya itu ada berbagai jenis turnamen yang bisa diikuti oleh para pemain dota. Mulai dari turnamen lokal di Indonesia, hingga turnamen dota 2 berskala internasional.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *